Latihan Angkat Beban untuk Mencegah Penyusutan Volume Otak

Salah satu tanda penuaan yang dialami oleh semua orang di seluruh dunia adalah penyusutan volume otak. Menurut para pakar, volume otak manusia akan menyusut sekitar 5% per dekade sejak memasuki usia 40 tahun, laju penyusutan akan semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Apakah kita bisa mencegahnya?

Untungnya, bisa. Dalam sebuah studi dari Sydney University, Australia yang melibatkan 100 lansia dengan gejala mild cognitive impairment (MCI) selama enam bulan, para peneliti menemukan bahwa latihan beban mampu melindungi beberapa subregion di hippocampus yang tergolong rentan terhadap Alzheimer.

Sebagai informasi, MCI adalah sebuah kondisi yang mengakibatkan penurunan memori, kemampuan berpikir, dan menjadi faktor terbesar yang mengakibatkan demesia (pikun). Menurut data, 10-15% penderita MCI akan mengalami demensia dalam setahun.

Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2020 dan dipimpin oleh Dr. Kathryn Broadhouse ini menemukan bahwa volume otak para lansia yang tidak berlatih beban menyusut hingga 3-4% dalam 18 bulan. Sementara itu, laju penyusutan pada lansia yang berlatih beban turun hingga 1-2% saja bahkan sama sekali tidak mengalami penyusutan pada beberapa bagian.

Hebatnya lagi, para peneliti menemukan bahwa efek latihan beban ini berlangsung hingga 12 bulan setelah percobaan. Luar biasa, bukan?

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mulai latihan beban?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *