Chikung, Olahraga Sederhana untuk Hidup Lebih Lama

Untuk menjaga kesehatan dan vitalitas agar tetap prima, olahraga menjadi satu kewajiban yang tak bisa diabaikan. Pertanyaannya, olahraga apa yang ramah untuk orang yang sudah lama tidak menggerakkan badan?

Jawabannya adalah chikung, sebuah olahraga lama dari Tiongkok yang terus dilestarikan dan semakin populer karena memiliki manfaat yang istimewa. Selain itu, gerakannya yang sederhana, mudah dan tidak bisa salah menjadi nilai plus untuk mulai mempraktikkannya.

“Latihan chikung itu sederhana tapi memiliki dampak yang luar biasa. Anda tidak bisa salah. Anda hanya bisa melakukannya secara baik, lebih baik, dan terbaik.” Demikian yang dikatakan oleh Chunyi Lin, seorang ahli beladiri Tiongkok.

Menurut Hector Garcia dan Francesc Moralles dalam buku Ikigai, olahraga dengan gerakan yang lembut dan ritmis merupakan salah satu kunci hidup lama dari orang-orang Okinawa. Chikung adalah satu dari beberapa olahraga yang mereka sarankan untuk Anda yang ingin hidup lebih lama.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan tahun 2010 oleh sejumlah peneliti dari University of Maryland, latihan chikung dianggap setara dengan program pengelolaan stres. Gerakannya yang santai membuat partisipan merasa rileks sehingga mengurangi gejala kecemasan, stres, dan depresi serta memperbaiki mood.

Untuk Anda yang ingin hidup lebih lama, stres berlebihan adalah kondisi yang wajib dihindari karena bisa mempercepat proses penuaan. Tak hanya itu, stres juga berpotensi memicu hipertensi dan stroke.

Jadi, kapan mulai latihan chikung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *