Berikut adalah 4 Manfaat Jalan Kaki yang Perlu Anda Ketahui

Sejak era kejayaan Yunani, jalan kaki telah dikenal sebagai suatu aktivitas yang sehat dan memberikan banyak manfaat. Saking besarnya manfaat jalan kaki, Hippocrates mengatakan bahwa jalan kaki adalah obat terbaik untuk manusia.

Walking is a man’s best medicine (Hippocrates)

Apa saja manfaat jalan kaki dan kenapa Anda harus rutin berjalan kaki setiap hari, berikut kami rangkumkan manfaatnya untuk Anda.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jalan kaki merupakan salah satu latihan aerobik terbaik di dunia yang mudah dan tidak berbiaya. Dalam sebuah publikasi yang dirilis oleh Harvard Medical School, dikatakan bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam per minggu atau 21 menit per hari mampu menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 30%.

  1. Membakar kalori

Harley Pasternak yang merupakan pelatih kebugaran untuk para selebriti papan atas seperti Ariana Grande dan Behati Prinsloo mewajibkan para kliennya untuk berjalan kaki sejauh 12000 hingga 14000 langkah setiap hari untuk membakar kalori dan menjaga berat badan tetap ideal.

Secara umum, tubuh kita membakar 100 kalori setiap berjalan kaki sejauh satu mil. Angka ini bervariasi tergantung berat badan dan kecepatan. Sebagai contoh, seseorang dengan berat 200 pound membakar 110 kalori per mil sedangkan orang lain dengan berat 130 pound hanya membakar 70 kalori untuk setiap mil jalan kaki.

  1. Menurunkan stress

Olahraga akan menurunkan kadar hormon kortisol dan adrenalin yang memicu stres dan memproduksi beberapa hormon kebahagiaan seperti endorfin, dopamin, oksitosin, serotonin, dan BDNF.

Berjalan kaki akan meningkatkan sirkulasi darah menuju otak dan seluruh tubuh. Hal ini akan berpengaruh positif terhadap hypotalamic-pituitary-adrenal yang merupakan pusat sistem respon terhadap ketakutan.

  1. Meningkatkan kreativitas

Dalam sebuah riset berjudul Give Your Ideas Some Legs: The Positive Impact of Walking on Creative Thinking yang dipimpin oleh Marily Oppezzo dan Daniel L. Schwartz dari Stanford University, ditemukan bahwa kreativitas seseorang akan meningkat hingga 60% ketika berjalan kaki dan sesaat setelahnya.

 

Jack Dorsey, pendiri sekaligus CEO Twitter merupakan salah satu tokoh publik yang rutin berjalan kaki sejak 2016 dan menyatakan bahwa berjalan kaki sejauh 5 mil selama 75 menit dari rumah menuju kantor merupakan investasi terbaik yang pernah ia buat.

“Menghadapi sesuatu yang tidak direncanakan membuat Anda berpikir dengan cara yang berbeda.” Begitu kata Dorsey tentang rutinitasnya berjalan kaki setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *